Ironis! 500 nakes RSD Wisma Atlet Kemayoran belum terima insentif

Sejak November 2020 nakes di RSD Wisma Atlet Kemayoran belum menerima insentif.

Ilustrasi. Foto Antara.

Sebanyak 500 tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Darurat(RSD) Wisma Atlet belum terima insentif sejak November 2020. Ini sungguh ironi. Mereka bekerja tanpa lelah siang dan malam untuk menyelamatkan pasien sejak wabah coronavirus merebak di Indonesia. 

Sudah semestinya pemerintah menjamin kesejahteraan mereka. Sebab, nakes berisiko tinggi terpapar Covid-19 dari pasiennya.

"Untuk bulan Mei 2021 ini juga belum nampak ada pencairan, karena biasanya pencairan insentif diberikan antara tanggal 16-20 setiap bulannya. Kondisi ini sangat memprihatinkan," ujar Koordinator Jaringan Nakes Indonesia (JarNAKES Indonesia) Fatir. M Natsir dalam keterangan tertulis, Jumat (7/5).

Di sisi lain, nakes juga harus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dari transport, makan, tempat tinggal, hingga kuota internet. Apalagi, bagi perempuan yang telah berkeluarga tentu beban tanggung jawab berkali lipat.

"Keluarga para nakes juga terhimpit antara kebutuhan ekonomi, keinginan berkumpul, dan bayangan risiko tertular Covid-19," ucap dia.