6 pegawai puskesmas di Kota Padang positif Covid-19

Enam pegawai tersebut terdiri atas dua orang di Puskesmas Andalas dan empat orang dari Puskesmas Pegambiran.

Petugas medis menggunakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) lengkap melayani pasien yang antri memeriksakan diri di Puskesmas Ngantru, Tulungagung, Jawa Timur, Senin (23/3/2020). Foto Antara/Destyan Sujarwoko

Enam orang pegawai puskesmas di Kota Padang positif terinfeksi Covid-19. Mereka saat ini telah menjalani karantina untuk mencegah terjadinya lebih banyak penularan.

"Enam pegawai tersebut terdiri atas dua orang di Puskesmas Andalas dan empat orang dari Puskesmas Pegambiran," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid di Padang, Minggu (19/4).

Dia menjelaskan, temuan itu bermula dari adanya seorang petugas Puskesmas Andalas yang terinfeksi coronavirus sekitar satu pekan lalu. Dari hasil penelusuran, dirinya tak tertular dari puskesmas, melainkan dari sebuah klinik tempatnya bekerja.

Pemkot Padang kemudian melakukan penelusuran riwayat kontak untuk melacak penularan. Dari situ, ditemukan satu lagi petugas Puskesmas Andalas yang juga terinfeksi coronavirus.

Adapun empat orang petugas Puskesmas Pegambiran diketahui terinfeksi SARS-Cov-2 pada tiga hari lalu. Menurut Feri, para petugas dari dua puskesmas tersebut saat ini telah menjalani karantina dan perawatan intensif.