71,21% nakes di Jateng sudah divaksin, Ganjar: Pekan depan Polri hingga ASN

Jateng menargetkan minimal 50 orang divaksin Covid-19 setiap hari.

Ilustrasi vaksin Covid-19 Alinea.id/Bagus Priyo

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menargetkan, program vaksinasi tahap kedua untuk pelayan publik, seperti TNI-Polri, hingga ASN dapat dilakukan minggu depan.

"Sekarang kami  sudah siap, skenario percepatan bisa dilakukan. Sumber daya manusia, vaksinator dkk siap, tempat siap. Tidak sulit ternyata. Insyaallah minggu depan kami  bisa masuk ke tahap layanan publik," kata Ganjar dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/2).

Dia menargetkan, minimal 50 orang divaksin Covid-19 setiap. Sementara rumah sakit (RS), ditargetkan minimal 200 orang divaksin Covid-19 per hari. 

Dia mengaku, terkejut mengetahui RS tempat dirinya disuntik justru menargetkan 400 orang divaksin Covid-19 per hari. Artinya, percepatan itu bisa dilakukan. "Saya terkejut juga. Kemarin rilis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ternyata dari 50 kabupaten/kota, 20 kabupaten/kota dengan serapan vaksinasi tertinggi dari Jateng," tutur Ganjar.

Dia memberi penghargaan terhadap lima kabupaten/kota terbaik dalam percepatan vaksinasi ke tenaga kesehatan. Imbasnya, kabupaten/kota dengan serapan vaksinasi rendah sungkan dan melakukan percepatan vaksinasi tahap pertama.