9 warga Kediri positif Covid-19 klaster pabrik rokok Simustika 69

Dua orang lain yang menjalani uji swab dinyatakan negatif terinfeksi virus corona.

Petugas kesehatan berjalan memasuki gudang produksi pabrik rokok Simustika dan Trubus di Desa Gesikan, Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (2/5/2020). Foto Antara/Destyan Sujarwoko.

Sembilan orang warga Kota Kediri, Jawa Timur, dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani uji swab. Mereka berasal dari klaster pabrik rokok Simustika 69 yang berada di Gesikan, Pakel, Tulungagung, Jawa Timur.

"Kami telah menerima pemeriksaan laboratorium BPTKL Surabaya untuk Klaster Tulungagung (pabrik rokok Simustika 69), yaitu ada 11 yang di-swab dan sembilan positif," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam keterangannya di Kediri, Rabu (13/5).

Dia menjelaskan, sembilan orang tersebut berasal dari Lingkungan Centong di Kelurahan Bawang, Kelurahan Tempurejo di Kecamatan Pesantren, Kelurahan Bawang di Kecamatan Pesantren, Kelurahan Rejomulyo di Kota Kediri, Kelurahan Blabak di Kecamatan Pesantren, hingga Kelurahan Tamanan.

Mereka ditemukan positif terinfeksi corona setelah dinyatakan reaktif saat menjalani rapid test. Warga yang dinyatakan reaktif kemudian menjalani uji swab, dengan hasil sembilan orang positif dan dua lainnya negatif.

Abdullah berharap, hal ini membuat warga Kota Kediri lainnya lebih ketat menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Di antaranya dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, rutin cuci tangan dan mengenakan masker saat keluar rumah.