Menparekraf: Ada aspek CHSE yang belum diterapkan di Kenpark Surabaya

Sandi mengaku tidak akan ragu menutup destinasi yang tidak memperhatikan aspek CHSE, terutama keselamatan pengunjung.

Menparekraf Sandiaga Uno. Foto YouTube Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga Uno mengaku prihatin atas kecelakaan yang terjadi di beberapa destinasi wisata selama libur Lebaran lalu. Salah satunya yang terjadi di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya.

Menurut dia, seharusnya pengelola destinasi wisata menerapkan semua unsur yang terkandung dalam CHSE, yaitu Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan). 

"Kejadian di Kenjeran Park ini tentunya adalah ada aspek CHSE yang belum diterapkan secara ketat dan disiplin," kata dia dalam keterangannya yang dipantau secara online, Senin (9/5). 

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mengeluarkan surat edaran agar setiap pengelola destinasi wisata, dapat memastikan dan melakukan inspeksi ulang agar CHSE diterapkan. Sehingga kunjungan wisatawan disesuaikan dengan kapasitas. Terutama jika ada aspek-aspek teknis yang selama ini tidak perhatikan.

Sandi mengaku tidak akan ragu menutup destinasi yang tidak memperhatikan aspek CHSE, terutama keselamatan pengunjung. Karena keselamatan adalah hal utama dalam aktivitas berwisata.