Ada demo buruh, Transjakarta alihkan rute

Water barrier ditempatkan di depan Jalan Medan Merdeka Barat untuk menghalau kendaraan masuk, baik kendaraan pribadi maupun Transjakarta.

Long march buruh dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dan Konfenderasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) ke Istana Negara.Alinea.id/Akbar Ridwan

Rencana long march buruh dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dan Konfenderasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) ke Istana Negara, tampaknya sulit terealisasi. Mengingat kepolisian telah menutup Jalan Medan Merdeka Barat dengan membentangkan pagar kawat berduri tepat di depan Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata.

Selain itu, berdasarkan pantauan Alinea.id, pada pukul 12.45 WIB water barrier sudah ditempatkan di depan Jalan Medan Merdeka Barat untuk menghalau kendaraan masuk, baik kendaraan pribadi maupun Transjakarta.

Wakil Ketua Umum Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI) Jumisih, mengatakan, pemerintah acap kali mengeluarkan kebijakan yang merugikan buruh, seperti upah murah.

"Buruh juga memprotes kebijakan pemerintah yang akan merevisi UU 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan," kata Jumisih dalam orasinya, Jakarta, Senin (28/10).

Dari spanduk yang dibawa, massa membawa 7+1 tuntutan #Reformasi Dikorupsi. Beberapa tuntutan tersebut di antaranya, menolak RKUHP, RUU Pertahanan, RUU Pemasyarakatan, revisi UU Pertambangan Minerba dan UU Ketenagakerjaan, serta UU Sumber Daya Air.