AHY bicara peluang dan tantangan wujudkan Indonesia Emas

Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan pandemi Covid-19 dan perubahan dunia.

Agus Harimurti Yudhoyono saat berbicara dalam webinar Developing Countries Studies Center, Selasa (31/8/21)/ tangkapan layar

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan, Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan pandemi Covid-19 dan perubahan dunia. Untuk itu, ia menekankan pentingnya membangun daya tahan dan daya saing bangsa.

Peran generasi muda, katanya, tak kalah penting untuk menjawab tantangan tersebut untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. “Setiap bangsa pasti ingin menjadi bangsa yang besar dan unggul, setiap bangsa juga pasti ingin untuk menjadi menang dalam persaingan global,” ujarnya saat menyampaikan pandangannya tentang visi Indonesia Emas 2045 dalam webinar yang diselenggarakan oleh Developing Countries Studies Center (DCSC), Selasa (31/8/21).

Menurut AHY, Indonesia Emas tercapai saat bangsa ini aman dan damai, adil dan sejahtera, serta maju dan mendunia. “Tapi, mampukah kita mewujudkan itu semua di tahun 2045?” tanya AHY.

Menurut putra mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, kita bisa mencapai Visi Indonesia Emas jika optimis. Tapi ia mengingatkan, tidak ada jaminan pasti dan tidak ada rumus ajaib untuk mencapai Indonesia Emas setelah satu abad lamanya merdeka.

Ia kemudian merujuk pada sejarah Amerika Serikat (AS) sebagai negara kuat di dunia. Ternyata di usianya yang ke-100 tahun, AS belum mencapai predikat ‘Negara Emas’. Amerika, jelas AHY, masih merangkak usai terjadi perang saudara yang dahsyat.