Airlangga: Selain vaksinasi, donor konvalesen bisa bantu pasien Covid-19

70.000 jiwa berpotensi terselamatkan apabila 10% penyintas Covid-19 menyumbang plasma konvalesen.

Ketua KPC-PEN, Airlangga Hartarto (kanan), melakukan donor plasma konvalesen di Jakarta, Senin (18/1/2021). Twitter/@airlangga_hrt

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto, mengajak penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasma konvalesennya untuk membantu pasien yang masih dalam perawatan. Alasannya, ini menjadi upaya lain selain vaksinasi yang digulirkan,

Airlangga sendiri sudah mendonorkan plasma konvalesennya pada pencanangan Gerakan Donor Plasma, Senin (19/1). Hal tersebut dilakukan rasa bersyukur lantaran mampu bertahan usai terinfeksi.

"Ini adalah ungkapan rasa syukur saya karena termasuk orang-orang yang mampu bertahan dari serangan Covid-19. Dengan mendonorkan plasma konvalesen, saya berharap bisa menolong pasien Covid lainnya untuk segera sembuh," ujarnya, Selasa (19/1).

Sebelum melakukan donor plasma, Menteri Koordinator Perekonomian itu melakukan berbagai persiapan. Menerapkan pola hidup sehat dan menjalani pemeriksaan dokter, misalnya.

Airlangga menambahkan, donor plasma menjadi bagian dari upaya pengetesan (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) atau 3T, utamanya perawatan. Angka kematian akibat Covid-19 diharapkan dapat berkurang melalui donor plasma konvalesen.