Sempat mangkir, Airlangga penuhi panggilan Kejagung soal mafia migor

Setibanya di lokasi, Airlangga irit bicara. Ia hanya melempar senyum dan mengacungi jempol.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, akhirnya memenuhi panggil Kejagung soal kasus mafia migor, Jakarta, pada Senin (24/7/2023). Dokumentasi Kemenko Perekonomian

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyambangi Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, pada Senin (24/7) pagi. Kehadirannya untuk memenuhi panggilan sebagai saksi terkait kasus korupsi persetujuan ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan produk turunannya, termasuk minyak goreng (migor).

Pantauan Alinea.id di lokasi, Airlangga datang mengenakan batik dan celana bahan hitam. Tanpa banyak bicara, Airlangga melempar senyum kepada awak media dan mengacungkan jempol sembari masuk Gedung Bundar.

Sedianya Airlangga diperiksa pada 18 Juli 2023. Namun, mangkir tanpa memberikan alasan pasti. Padahal, sempat berjanji hadir dan ditunggu kejaksaan hingga pukul 18.00 WIB.

Karenanya, penyidik kembali melemparkan undangan kepada Airlangga agar memenuhi panggilan pada pekan ini. "Jampidsus Kejaksaan Agung akan melakukan pemanggilan pada yang bersangkutan pada Senin, 24 Juli 2023," ucap Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana, kala itu.

Diketahui, kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya atau mafia migor Januari 2021-Maret 2022 telah selesai disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Perkara sudah berkekuatan hukum tetap.