Diperiksa 10 jam, Amien Rais dicecar 37 pertanyaan soal people power

Amien diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/5)./ Antara Foto

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais telah selesai menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana dalam kasus dugaan makar.

Amien dicecar 37 pertanyaan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, dalam pemeriksaan yang berlangsung selama 10 jam.

Ketua Dewan Kehormatan PAN keluar dari ruang penyidik sekira pukul 20.41 WIB. Menurut Amien, dirinya dicecar mengenai people power yang diutarakan Eggi Sudjana.

Amien Rais mengatakan, people power atau gerakan rakyat bukanlah untuk menggulingkan pemerintahan yang saat ini ada. Apalagi Amien menguatkan pernyataannya dengan membawa buku Jokowi People Power saat pemeriksaan siang tadi.

"Intinya semua yang ditanyakan saya berikan apa adanya dan saya tanya people power itu, itu konstitusional, demokratis, dijamin prinsip HAM juga," kata Amien di Polda Metro Jaya, Jumat (24/5).