Anak pahlawan nasional: Indonesia beruntung memiliki Pancasila

Bahkan pada 2012 Presiden Obama saat datang ke Indonesia mengatakan hal yang sama.

anak pahlawan nasional Johannes Leimena, Melani Leimena. Foto dpr.go.id

Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November 2020, merupakan momentum meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air. Untuk itu, Indonesia harus memiliki sebuah karakter yang kuat akan persatuan bangsa Indonesia, layaknya seorang pahlawan yang ikhlas membela negara, mengedepankan kepentingan bangsa dan senantiasa cinta Tanah Air.

Menurut anak pahlawan nasional Johannes Leimena, Melani Leimena bangsa Indonesia sangat beruntung memiliki Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, bahkan pada 2012 Presiden Obama saat datang ke Indonesia mengatakan hal yang sama.

“Karena itu, marilah kita bersama-sama tetap mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara kita dan Bhinneka Tunggal Ika untuk mempersatukan seluruhnya,” ujar Melani dalam webiner Hari Pahlawan, Senin (9/11) malam.

Untuk itu, generasi muda harus kerja keras jangan mau secara instan mendapatkan hasil meskipun sekarang semua serba instan. Selain itu, generasi milenial haru melihat para pahlawan yang berjuang keras untuk merebut kemerdekaan. Tugas generasi sekarang adalah melestarikan dan mengisi kemerdekaan tersebut dengan sebaik baiknya. 

“Jangan sampai nilai-nilai perjuangan dari para founding fathers kita yang telah berjuang dilupakan oleh generasi muda,” kata Melani.