Angkasa Pura terbangkan 11.486 jemaah calon haji

Angkasa Pura II memberangkatkan sebanyak 36 kloter dengan total sebanyak 11.448 calon jamaah di lima bandara.

Seorang calon jamaah haji memasuki asrama untuk menjalani proses karantina di Embarkasi Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Sabtu (21/7). Sekitar 388 calon jamaah haji asal Kabupaten Langkat yang tergabung dalam kloter pertama tiba di asrama haji untuk dikarantina sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. / Antara Foto

PT Angkasa Pura II (Persero) telah memberangkatkan 11.486 calon jemaah haji melalui lima bandara AP II yang menjadi embarkasi haji. Sejumlah bandara di bawah pengelolaan AP II itu mulai melayani penerbangan haji sejak 17 Juli lalu.

“Selama periode 17 hingga 22 Juli, kami telah melayani sebanyak 36 kloter dengan total sebanyak 11.448 calon jamaah,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Selasa (24/7).

Adapun bandara-bandara Angkasa Pura II yang menjadi embarkasi haji tahun 2018 adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Bandara Internasional Minangkabau (PDG), Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM), Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) serta Bandara Internasional Kualanamu (KNO).

Angkasa Pura II akan menerbangkan calon jamaah haji dengan total 170 kloter dari 5 embarkasi. Jumlah masing-masing kloter dari Jakarta (CGK) sejumlah 101 kloter, Padang (PDG) sejumlah 16 kloter, Palembang (PLM) akan menerbangkan 19 kloter, Aceh (BTJ) sebanyak 12 kloter, serta embarkasi Medan (KNO).

Pada musim 2018 ini,  terdapat fasilitas baru keimigrasian bagi calon jamaah haji di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dimana pemerintah Arab Saudi counter pre-clearence imigration untuk melakukan verifikasi data dan stempel visa sejak di Bandara Soekarno-Hatta.