Angkut alkes Covid-19, TNI kerahkan Hercules C-130 ke China

Pesawat akan menempuh rute penerbangan Malang-Natuna-Hainan-Shanghai.

Calon penumpang dan karyawan menggunakan lift yang diberi tanda panduan jarak di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (21/3). ANTARA FOTO/Fauzan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah memerintahkan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna memberangkatkan pesawat angkut berat C130 Hercules ke Shanghai, China, untuk mengangkut logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan.

"Sesuai surat permohonan Menhan RI Prabowo Subianto, TNI AU telah memberangkatkan satu unit pesawat C-130 Hercules dari Skuadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Sabtu (21/3)," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Alat kesehatan (alkes) yang akan diangkut itu berkaitan dengan pandemik Covid-19.

Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 yang dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo, lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB dan akan menempuh rute penerbangan Malang-Natuna-Hainan-Shanghai.

Sebanyak 21 kru pesawat dan pendukung beserta dua personel dari Kemhan RI turut serta dalam misi ini.