Anies Baswedan sebut pulau reklamasi kini milik negara

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar upacara HUT RI di pulau reklamasi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berpidato di perayaan HUT Taman Ismail Marzuki. Antara Foto

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut pulau reklamasi yang berada di Teluk Jakarta bukan lagi milik swasta, melainkan milik negara. Karena itu, kata dia, kini siapa saja berhak menginjakkan kaki di pulau buatan tersebut.

“Jadi begini, dahulu lahan hasil reklamasi wilayah tertutup. Bahkan, media masuk ke sana tak bisa, dijaga ketat. Seakan-akan milik pribadi dan milik swasta. Kemudian kita ubah jadi kawasan terbuka milik RI (negara), yang seluruh warga negara bisa masuk ke kawasan itu,” kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (14/8).

Karena statusnya yang milik negara, Anies kemudian memilih kawasan Pantai Maju Pulau Reklamasi, Jakarta sebagai tempat upacara peringatan Kemerdekaan HUT RI ke-74 bagi jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Keputusan tersebut telah tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam Ingub tersebut, Anies menginstruksikan kepada jajaran pejabat dan pegawai Pemprov DKI Jakarta untuk mengikuti upacara HUT ke-74 RI di kawasan Pantai Maju. Upacara tersebut akan dimulai pukul 07.30 WIB.