Anies buat terobosan e-budgeting warisan Ahok: Lebih smart

Sistem e-budgeting baru ini akan diperkenalkan akhir tahun nanti.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (1/11). Alinea.id/Eka Setiyaningsih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana memperbarui sistem e-budgeting warisan Jokowi-Ahok, yang saat ini digunakan Pemprov DKI. Anies akan melakukan terobosan dalam sitem baru tersebut, sehingga memungkinkan masyarakat memberikan komentar.

"Tetap anggaran itu bisa diakses, bahkan bukan hanya saja bisa dilihat, tetapi juga publik bisa memberikan komentar langsung. Untuk saat ini publik itu bisa lihat, tapi tidak bisa memberikan (komentar)," ujar Anies di Balai Kota  DKI, Jakarta, Jumat (1/11).

Menurut Anies, upaya pembaruan e-budgeting ini tidak dilakukan untuk merespons adanya kesalahan penginputan anggaran. Ia mengaku telah lama menyiapkan sistem baru ini, yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun nanti.

"Itu sudah dikerjakan, jadi akan digunakan Januari. Artinya, tidak dibikin karena ada keramaian, bukan. Itu sudah dikerjakan setahun lebih, sudah direncanakan akan di-launching akhir tahun ini," kata Anies.

Selain memberikan kolom komentar, pembaruan e-budgeting ini juga akan dilengkapi dengan faktor security data, partisipasi, dan penguncian semua informasi. Namun, Anies tidak menjelaskan secara rinci fungsi-fungsi pembaruan tersebut.