Antisipasi Covid-19, TNI pakai helm pendeteksi suhu tubuh

Helm ini dapat mendeteksi suhu tubuh seseorang hingga jarak 10 meter.

Salah satu personel TNI AD memakai helmet thermal KC wearable. / tniad.mil.id

TNI AD akan menggunakan helm berteknologi terbaru, helmet thermal KC wearable, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas TNI AD, Kolonel Infantri Nefra Firdaus, dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu (31/5), mengatakan, "helmet thermal KC wearable" merupakan inovasi teknologi informatika canggih untuk mendeteksi temperatur tubuh beberapa orang dalam waktu yang sama, lebih cepat dan efektif dibandingkan thermo gun.

"Inovasi ini dapat mendeteksi suhu tubuh seseorang melalui jarak sampai dengan 10 meter. Selain itu dapat memeriksa suhu tubuh orang yang lebih banyak dan tentunya waktunya akan lebih cepat dan efektif," ujar dia.

Tentunya inovasi itu, kata dia, juga dapat mereduksi risiko petugas pemeriksa akibat kontak dekat jika menggunakan thermo gun.

"Di Mabes AD kami sosialiasi sekaligus berikan latihan penggunaannya. Selain untuk mendeteksi dan menyeleksi orang yang masuk ke fasilitas TNI AD, termasuk rumah sakit, ini juga menegaskan komitmen TNI AD dalam memutus dan mencegah penyebaran Covid-19," kata dia.