Apkasi tawarkan 2.500 beasiswa kuliah di 21 perguruan tinggi

Beberapa perguruan tinggi yang menerima beasiswa ini adalah STAN, UI, UGM, ITB, dan IPB.

Apkasi menawarkan 2.500 beasiswa untuk kuliah di 21 perguruan tinggi di Indonesia. Dokumentasi Apkasi

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menawarkan 2.500 beasiswa bagi putra-putri daerah untuk melanjutkan studi ke sejumlah perguruan tinggi (PT). Ada 21 PT yang bermitra dengan Apkasi melalui Program Beasiswa Daerah Indonesia Emas.

"Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan unggul sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan fondasi kuat di tengah sengitnya persaingan regional dan global," kata Wakil Ketua Umum Apkasi, Dadang Supriatna, dalam keterangannya, Rabu (9/8).

Pendidikan, lanjut Bupati Bandung ini, menjadi pilar utama dalam membentuk karakter, kreativitas, dan cara berpikir. Adapun kesehatan adalah pilar utama dalam menopang kemampuan fisik dan mental yang optimal bagi seluruh warga negara.

"Berdasarkan hasil audiensi dan sosialisasi yang telah kami lakukan di lebih dari 350 kabupaten dan juga pemerintah pusat, banyak tantangan di dunia pendidikan dan dunia kesehatan yang terus menjadi pekerjaan rumah pemerintah dalam rangka pembangunan sumber daya manusia," tuturnya.

Dadang melanjutkan, kekurangan guru dan tenaga kesehatan (nakes) serta tak meratanya kualitas pendidikan dan kesehatan dan fasilitas pendidikan dan kesehatan perlu menjadi perhatian bersama. "[Tantangan tersebut] menjadi peluang untuk berkolaborasi."