Azyumardi Azra wafat, Arsul Sani: Saya terkesan dengan pemikiran almarhum

Azyumardi bersama anggota Dewan Pers sempat bertemu dengan Komisi III DPR RI.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani. Foto: dpr.go.id.

Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani, mengaku terkesan dengan ide dan gagasan Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra, dalam kontribusinya untuk melindungi kerja-kerja jurnalis melalui peraturan perundangan.

Arsul menyampaikan, Azyumardi bersama anggota Dewan Pers sempat bertemu dengan pihaknya untuk menyampaikan masukan terkait Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang dinilai bisa mengancam kerja-kerja jurnalistik dari para jurnalis.

"Masukannya sangat bagus sekali. Salah satu yang saya kagumi secara pribadi, beliau ini selalu menyampaikan pemikiran jalan tengah," kata Arsul saat ditemui di TMP Kalibata, Selasa (20/9).

RKUHP diketahui menimbulkan banyak penolakan dari berbagai elemen masyarakat dengan sejumlah pasal-pasal yang dinilai justru merugikan. Arsul menuturkan, Azyumardi bersama-sama dengan Dewan Pers memberikan alternatif melalui jalan tengah yang mengakomodir pandangan dari pemerintah dan DPR serta masyarakat sipil.

"Sisi-sisi pandang antara pemerintah dan DPR dengan sisi pandangnya masyarakat sipil, itu ditengahi oleh Dewan Pers yang dipimpin oleh almarhum. Saya kira itu yang mengesankan bagi kami di DPR, sumbangan pemikiran almarhum beserta teman-teman Dewan Pers terkait KUHP itu luar biasa," ujarnya.