Arus balik Lebaran, 200 ribu alat rapid test antigen dikirim ke Bakauheni

Doni Monardo ungkap sebanyak 440.014 orang akan menyeberang dari Sumatra ke Jawa via jalur laut.

Kegiatan penyekatan larangan mudik Lebaran 2021 di KM 31, Gardu Tol Cikupa arah Merak, Jumat (7/5/2021)/TMC Polda Metro

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan, total 440.014 orang menyeberang dari pelabuhan Merak, Banten, menuju ke pelabuhan Bakauheni, Lampung. Ia memprediksi, arus balik mudik dari Sumatra ke Jawa bakal terjadi dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 akibat arus balik mudik dari Sumatera ke Jawa, telah disiapkan sekitar 200.000 alat rapid test antigen yang telah dikirim dari pelabuhan Merak ke pelabuhan Bakauheni. Selain itu, masih ada stok 50.000 rapid test antigen di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan sebanyak 12.000 alat rapid test antigen milik Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

“Jadi, kami yakin dengan jumlah tersebut akan memadai (untuk melakukan skrining merespon arus balik mudik dari Sumatera ke Jawa),” ucapnya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (15/5).

Ia juga mengklaim, antisipasi sumber daya manusia (SDM), seperti tenaga kesehatan untuk testing telah siap. Sebab, dihimpun dari pemerintah daerah setempat dan pemerintah pusat. Di sisi lain, sebanyak 69 unit kapal feri dan tujuh dermaga akan dioperasikan penuh.

Diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memberlakukan kebijakan random test (tes Covid-19 acak) dan mandatory test (tes Covid-19 wajib), terutama di 21 titik tol di Pulau Jawa.