ASDP sebut baru 50% pemudik yang balik ke Jawa

ASDP memperkirakan puncak arus balik gelombang kedua terjadi pada Sabtu-Minggu, 29-30 April 2023.

Trafik penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung terpantau ramai lancar dan cenderung terus meningkat pada Senin (24/4/2023). Foto ASDP

PT ASDP mencatat, kurang lebih baru sekitar 50% pengguna jasa penyeberangan untuk semua kategori yang telah kembali ke Pulau Jawa dari mudik ke Pulau Sumatera.

"Jika dbandingkan dengan pemudik yang berangkat ke Sumatera dibandingkan yang sudah kembali ke Pulau Jawa, angkanya sekitar 50% untuk semua kategori," kata Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi dalam keterangannya yang dipantau online dari YouTube Kompas tv, Jumat (28/4).

ASDP memperkirakan puncak arus balik gelombang kedua terjadi pada Sabtu-Minggu, 29-30 April 2023. Pasalnya, pemerintah telah meminta kepada pegawai menambah masa cutinya, demi menghindari penumpukan pemudik di satu waktu.

Pada tahun ini, ASDP menyiapkan tujuh titik buffer zone dengan total kapasitas parkir 1.110 kendaraan kecil dengan rincian lima rest area yang berada di Jalan Tol Trans-Sumatera dan tiga titik di jalan arteri. Adapun kelima titik buffer zone di Jalan Tol Trans-Sumatera adalah Rest Area Km 87B dengan kapasitas parkir 250 kendaraan kecil (KK), rest area km 67B dengan kapasitas parkir 80 KK, rest area km 49B dengan kapasitas parkir 250 KK, rest area km 33B berkapasitas parkir 80 KK, dan rest area km 20B dengan kapasitas parkir 250 KK.

Sementara, dua lokasi buffer zone di jalan arteri berlokasi di Gayam ex. Agribisnis (Trans Sumatera) dan RM Tiga Saudara (Jalan Lintas Timur) dengan kapasitas parkir 50 KK.