Aulia Kesuma peragakan 58 adegan saat membunuh Edi Candra

Rekonstruksi pertama digelar di Apartemen Kalibata City.

Aulia Kesuma sesaat hendak menjalani rekonstruksi pembunuhan Edi Candra Purnama. Alinea.id/Ayu Mumpuni

Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi atau reka ulang adegan pembunuhan terhadap Edi Candra Purnama alias Pupung Sadili (54) dan Mohammad Adi Pradana alias Dana (23). Dalam rekonstruksi tersebut, Aulia Kesuma memeragakan 58 adegan. Hal ini dilakukan untuk mencocokan fakta pembunuhan dengan keterangan tersangka kepada polisi.

"Kegiatan rekonstruksi hari ini untuk menyamakan keterangan tersangka dan fakta di lapangan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Jakarta pada Kamis, (5/9).

Selain diikuti otak pelaku pembunuhan Aulia Kesuma, Argo mengatakan, rekontruksi pembunuhan Edi Candra dan Adi Pradana yang digelar Polda Metro Jaya juga menghadirkan kedua eksekutor pembunuhan yakni Kusmawanto Agus dan Muhammad Nur Sahid.

“Rekonstruksi pertama digelar di Apartemen Kalibata City. Pasalnya, di sanalah Aulia Kesuma bersama mantan pembantunya merencanakan pembunuhan,” kata Argo.

Pada saat rekonstruksi di Apartemen Kalibata City, Argo melanjutkan, para tersangka langsung dibawa ke sebuah apotek yang berada di dalam kompleks apartemen tersebut. Sebab, di sanalah Aulia Kesuma membeli obat tidur sebanyak 30 butir, alkohol, dan sarung tangan karet.