Azan berkumandang, Misa Jumat Agung dimulai

Dua kegiatan keagamaan digelar secara bersamaan di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Umat Katolik mengikuti jalannya visualisasi Jalan Salib yang dibawakan Orang Muda Katolik di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (19/4)./AntaraFoto

Suasana di Jalan Sawah Besar, Jakarta Pusat nampak berbeda pada Jumat (19/4). Pasalnya, dua kegiatan keagamaan digelar secara bersamaan di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Dua tempat ibadah itu menggemakan khotbah secara bersamaan sekitar pukul 12.00 WIB. Masjid Istiqlal melaksanakan kegiatan ibadah salat Jumat, dan Gereja Katedral menggelar ibadah Jumat Agung.

Berdasarkan pantauan Alinea.id, nuansa telorensi antar umat beragama kental terasa di Jalan Sawah Besar, Jakarta Pusat, yang membelah Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, sangat terlihat. Salah satunya terlihat dari sejumlah anggota Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama atau Banser ikut mengamankan gereja yang diresmikan pada 21 April1901 itu.

Kegiatan ibadah Jumat Agung merupakan rangkaian ibadah dari Tri Hari Suci. Dimana kegiatan tersebut dimulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan berakhir pada ibadat sore Minggu Paskah.

Selama empat hari itu, tempat peribadatan umat Kristiani merayakan misteri terbesar karya penebusan, seperti sangsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus.