Azyumardi Azra harap Jokowi hubungi Biden hentikan serangan Israel

Azyumardi sayangkan bungkamnya negara-negara Timur Tengah atas Israel.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan amanatnya di Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/11/2020)/Foto BPMI-Setpres.

Cendekiawan muslim, Azyumardi Azra berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) menelepon Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk menghentikan serangan Israel ke wilayah Palestina. Azyumardi menilai, pernyataan Jokowi soal Palestina belum cukup, harus diiringi langkah-langkah politik yang lebih kuat.

"Kita berharap agar Presiden Jokowi menelepon Presiden Joe Biden agar suara kemanusiaan ini bisa didengarkan," kata Azyumardi dalam webinar kebangsaan bertajuk 'Dukungan Indonesia untuk Palestina' diselenggarakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Rabu (19/5).

Selain meminta menelpon Joe Biden, Azyumardi juga meminta Jokowi menelpon negara-negar besar di Timur Tengah untuk melakukan hal serupa. "Apalagi Jokowi memiliki hubungan khusus dengan beberapa negara di Timur Tengah ya," ujarnya.

Azyumardi mangapresiasi sikap politik Jokowi terkait konflik Palestina-Israel. Kendati demikian, sambung mantan rektor UIN Jakarta ini, sebagai negara yang besar, posisi Indonesia sangat diharapkan dunia untuk mencegah lebih banyak korban jiwa di tanah suci milik tiga agama samawi tersebut.

"Karena Indonesia itu punya bobot negara besar yang saya kira diharapkan dinaikan peran yang besar lagi, lebih daripada sekedar mengeluarkan statmen atau pernyataan," ungkap Azyumardi.