Balitbangtan siap dongkrak ekspor porang

Kementerian Pertanian menyiapkan teknologi produksi benih porang bermutu.

Kegitan bimtek teknik aklimatisasi planlet porang kepada para petani-penangkar di Madiun, Jawa Timur/Foto dok Balitbangtan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan siap mengakselerasi pengembangan porang, sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo supaya porang menjadi komoditas andalan ekspor dan digarap dengan serius. Mentan pun terus menggenjot sektor hulu maupun hilir.

Salah satu bentuk keseriusan Kementerian Pertanian adalah penyiapan teknologi produksi benih porang yang bermutu. Keuntungan penggunaan benih bermutu tidak hanya akan dirasakan oleh perusahaan pengolah porang tetapi juga oleh para petani, khususnya yang sudah puluhan tahun setia membudidayakan porang.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjry Djufry menyampaikan pihaknya terus mendorong adanya pelatihan sejenis kepada masyarakat yang lebih luas.

"Balitbangtan akan terus mengadakan Bimtek kultur jaringan porang. Melalui kolaborasi antar satker, diharapkan dapat diproduksi jutaan benih porang dengan harga yang terjangkau dan pada saat yang tepat." tegasnya dalam rilis Kementan, Senin (1/11/2021).

Bimbingan teknis ini melibatkan beberapa satuan kerja Balitbangtan, serta pemerintah daerah dalam program Riset Pengembangan Inovasi dan Kolaborasi (RPIK) 2021.