Bamsoet pastikan ajang Street Race digelar di berbagai jalanan Jakarta

Bamsoet berharap Street Race mengurangi aksi balap liar.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo/Foto dok DPR RI/Jaka/sf.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran membuka Street Race 2022. Acara tersebut digelar dengan mengusung tema Mengejar Prestasi Bukan Sensasi.

Street Race 2022 merupakan acara yang digagas Polda Metro Jaya bersama IMI guna mentransformasikan balap liar menjadi balap resmi. Diikuti 350 pembalap muda, lintasan sirkuit menggunakan jalan Inspeksi Kali Ancol sepanjang 700 meter.

Ajang itu pertama di Indonesia yang memfasilitasi pembalap liar dengan harapan mereka tidak lagi melakukan balap liar di berbagai ruas jalan raya. Di sisi lain diharapkan menjadi contoh bagi polda lainnya untuk melakukan tindakan yang humanis dengan cara merangkul para pembalap liar. 

"Melalui Street Race 2022, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran yang sebelumnya telah mengangkat pembalap muda Indonesia yang berlaga dalam kejuaraan bergengsi dunia FIM Moto3 World Championship 2022, Mario Suryo Aji sebagai anak asuh, juga secara resmi mengangkat para joki, mekanik, dan bengkel yang biasa terlibat di berbagai balapan liar sebagai adik asuh," ujar Bamsoet usai membuka Street Race 2022 seperti keterangan tertulisnya, Minggu (16/1). 

Dia pun mengucapkan apresiasi atas langkah Kapolda Metro Jaya yang memberikan motor latihan kepada pembalap bernama Mario. Motor itu akan digunakan Mario untuk berlatih di Pertamina Mandalika International Street Circuit, sehingga bisa mempersiapkan diri menghadapi FIM Moto3 World Championship 2022 secara baik.