Bandara Kertajati siapkan fasilitas untuk ABK Diamond Princess 

Fasilitas kesehatan disiapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Ilustrasi - Pengisian Avtur ke pesawat di Bandara Kertajati Majalengka. Foto Antara/Khaerul Izan

Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka, bersiap menerima kedatangan warga negara Indonesia yang menjadi anak buah kapal atau ABK Diamond Princess yang dipulangkan dari Yokohama, Jepang. Sebanyak 68 kru kapal pesiar itu akan menjalani observasi atas dugaan terkena paparan coronavirus.

"Bandara Kertajati telah menyiapkan fasilitas terkait penerbangan," kata Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi saat dihubungi, Minggu (1/3).

Menurutnya, pihak bandara tak mempersiapkan fasilitas kesehatan dan hal terkait lain bagi para ABK kapal tersebut. Keperluan tersebut telah disiapkan Kementerian Kesehatan. 

Salahudin mengatakan, seluruh proses penerbangan ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang ke Bandara Kertajati berada di bawah kendali dan koordinasi Kementerian Kesehatan.

Dia juga mengatakan, pihaknya belum menerima waktu pasti kedatangan para awak kapal pesiar tersebut. "Kami baru dikabari jika pesawat kemungkinan mendarat malam nanti. Belum ter-update infonya, rencana malam ini," katanya.