Bansos Covid di Klaten telah menjangkau 357.176 KK

Para penerima bantuan juga telah melalui berbagai verifikasi di tingkat kelurahan, sehingga penerima dipastikan benar-benar tepat sasaran.

Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan paket sembako kepada warga terdampak Covid di Balai Desa Mireng, Kecamatan Trucuk (06/07/2020). Foto Pemkab Klaten

Di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bantuan sosial terkait Covid-19 telah menjangkau 357.176 kepala keluarga (KK) atau 78,17% dari 456.894 KK di Klaten. Mereka yang menerimanya merupakan warga tidak mampu secara ekonomi. 

Jumlah itu diyakini akan terus meningkat, seiring dengan bertambahnya usulan dari setiap desa kepada Pemkab Klaten. Para penerima bantuan juga telah melalui berbagai verifikasi di tingkat kelurahan, sehingga penerima dipastikan benar-benar tepat sasaran.

Bahkan untuk memastikan bantuan tepat sasaran, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani kerap memantau langsung penyaluran bantuan sosial. Seperti yang dilakukannya pada saat penyaluran bantuan sosial tahap III di Kampung Kwoso, Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara, Senin (24/8).

Sebelumnya, Bupati Klaten juga memantau langsung penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (BLT-DD) tahap III di lima desa (Desa Wiro, Desa Bogem, Desa Jotangan, Desa Nengahan, serta Desa Tegalrejo) yang berada di Kecamatan Bayat, pada Senin (10/8).

"Seharusnya dana BLT-DD untuk membangun desa seperti jalan, serta fasilitas lain. Namun, dengan adanya Pandemi Covid-19, maka dana BLT-DD dialihkan untuk membantu masyarakat. Maka dari itu, dana bantuan dari Pemerintah dialihkan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur, serta kebutuhan pokok lain,” tutur Bupati dalam kesempatan itu.