Bantuan bencana tiba di Distrik Sinak, warga: Tuhan memberkati!

Kehadiran Kepala BNPB dan Menko PMK di Distrik Sinak itu guna melihat langsung kondisi warga korban kekeringan.

Warga Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, menyambut bantuan yang dibawa Menko PMK dan Kepala BNPB. Foto BNPB

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto  bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, akhirnya berhasil mendarat di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Kamis (3/8), setelah sehari sebelumnya batal terbang karena cuaca buruk.

Menempuh penerbangan kurang lebih 50 menit dari Bandara Mozes Kilangin, Timika, pesawat Cessna 208 Caravan yang membawa Kepala BNPB dan Menko PMK dipiloti Kapten Joao serta Kapten Deny, mendarat mulus di Bandara Sinak. Sesaat kemudian, dua sosok  representasi pemerintah pusat itu turun dan langsung disambut puluhan warga yang telah menunggu.

Kehadiran Kepala BNPB dan Menko PMK di Distrik Sinak itu guna melihat langsung kondisi warga sekaligus mengantarkan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat untuk meringankan beban mereka yang terdampak bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem.

Bantuan berupa sembako, beras, kasur lipat, genset listrik, makanan, perlengkapan keluarga hingga mainan anak-anak itu diberikan langsung dari tangan Kepala BNPB dan Menko PMK kepada warga yang hadir. Momentum yang penuh kedamaian itu seketika merekahkan senyum para warga. Anak-anak pun terlihat begitu antusias meraih mainan dan makanan ringan yang dibagikan secara merata.

“Tuhan memberkati!,” teriak para warga disusul tepuk tangan dari seluruh yang hadir.