Bantuan pangan non tunai tahap IV dilaksanakan di 54 daerah

Setiap KPM dapat dibelanjakan kepada beberapa kebutuhan seperti beras dan atau telur

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani./Humas Kemenko PMK

Pemerintah menyepakati untuk menyalurkan perluasan Bantuan pangan Non-Tunai (BPNT) tahap IV dilaksanakan di 54 kabupaten/kota. Dengan demikian, target penerima BPNT pada 2018 akan mencapai total 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) seperti yang sudah direncanakan.

Kesepakatan itu merupakan hasil dari Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) terkait kesiapan perluasan penyaluran BPNT November 2018 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

RTM dihadiri oleh Mensos Agus Gumingan Kartasasmita, Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widyanto, Kemendagri, Kemenkeu, Kemen PPN, Kemen BUMN, Bank Indonesia, KSP, Himbara, dan instansi terkait lainnya.  

"Agenda rapat hari ini adalah membahas status penyaluran bansos pangan, dan persiapan penyaluran BPNT tahap IV pada November 2018. Namun, saya minta dalam rapat kali ini difokuskan pada permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan yang akan kita cari solusinya bersama,” ujar Menko Puan di kantor Kemenko PMK, Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (8/11).

Untuk kelancaran perluasan dan pemanfaatan BPNT, Menko PMK menyarankan kepada seluruh pihak yang berpartisipasi untuk dapat meningkatkan sosialisasi dan edukasinya atas program e-warong dan KPM BPNT serta meminta kepada para pendamping PKH untuk melakukan pemantauan dan edukasi.