Bantuan senilai Rp1,42 miliar disalurkan pada korban bencana Sulsel

Bantuan yang disalurkan berupa makanan dan kebutuhan dasar lainnya.

Petugas gabungan bersama anjing pelacak mencari korban yang tertimbun tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Mamuju, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (24/1)./ Antara Foto

Kementerian Sosial menyalurkan bantuan tanggap darurat bencanan banjir dan longsor di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) senilai lebih dari Rp1,42 miliar. Bantuan yang disalurkan berupa makanan dan kebutuhan dasar lainnya.

"Bantuan tanggap darurat berupa logistik dan kebutuhan dasar lainnya sudah didorong ke daerah terdampak," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat, di Jakarta, Jumat (25/1).

Dia menjelaskan, bantuan tersebut didistribusikan dari gudang buffer stock pusat ke Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan senilai Rp874 juta. Selain itu, dari buffer stock gudang regional timur ke Dinsos Kabupaten Jeneponto, senilai Rp390 juta, serta Rp156 juta ke Dinsos Kota Makassar.

Adapun bantuan logistik yang disalurkan, antara lain berupa makanan siap saji, lauk pauk, makanan anak, tenda serbaguna keluarga, mi instan, paket sandang, kasur, peralatan dapur, dan selimut.

Selain menyalurkan kebutuhan logistik, Kemensos juga mengerahkan 450 personel tim penanganan terpadu dan pengerahan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana). Pengiriman tim dilakukan untuk membantu penanganan tanggap darurat di lokasi terdampak.