Bantul siap jaga pasokan perbenihan bawang merah

Bantul merupakan salah satu penyangga pangan komoditas bawang merah.

Komoditas bawang merah khas Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta/Foto Humas Kementan.

Bantul merupakan salah satu kabupaten penyangga pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan segala potensi alamnya, terutama pada komoditas bawang merah.

Bila budidaya bawang merah umumnya dilakukan di atas tanah, lahan berpasir di Yogyakarta seperti Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo justru cocok untuk ditanami tanaman tersebut, seperti di Kecamatan Kretek dan Sande.

Jenis bawang merah yang umumnya dikembangkan dan banyak diminati oleh petani yakni varietas crok kuning dan tajuk. Varietas crok kuning merupakan varietas lokal Bantul dengan daya adaptasi yang cukup baik pada dataran rendah. Varietas ini juga mempunyai produktifitas tinggi dan umbi berukuran besar.

Sementara tajuk merupakan varietas yang dapat beradaptasi dengan baik pada musim kemarau, memiliki aroma yang cukup kuat dengan bentuk umbi yang bulat.

Salah satu kelompok tani yang menanam varietas crok kuning dan tajuk adalah Kelompok Tani Ngudi Makmur yang beralamat di Dusun Samiran, Kretek, Bantul. Kelompok tani ini beranggotakan kurang lebih 90 orang yang secara konsisten melakukan pertemuan dan pendampingan kepada anggotanya.