Bawa massa PA212, Polisi siapkan pengamanan pemeriksaan Amien Rais

Polisi bolehkan Amien Rais dikawal massa saat pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (kedua kiri) memberikan keterangan kepada awak media terkait status tersangka aktivis Ratna Sarumpaet di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/10)./Antara Foto

Polda Metro Jaya menjadwalkan kembali pemeriksaan terhadap mantan Ketua MPR RI, Amien Rais, sebagai saksi untuk Ratna Sarumpaet (SR) pada Rabu (10/10) esok. Pemeriksaan Amien Rais, rencananya akan didampingi ratusan pengacara dan dikawal massa Persaudaraan Alumni (PA) 212.

“Jadi besok agendanya adalah memeriksa bapak Amien Rais ya. Bapak Amien Rais berencana membawa pengacara dan pendukungnya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di kantornya, Selasa (9/10).

Argo mengatakan, Polisi tak mempermasalahkan adanya dukungan dengan pengerahan massa terhadap Amien. Ia bahkan mempersilakan massa yang akan mengawal jalannya pemeriksaan mantan Ketum PAN tersebut, untuk datang ke Mapolda Metro Jaya. Menurut Argo, akan ada pengamanan selama proses pengawalan dari massa PA212.

Terkait perizinan, Argo belum dapat memastikan adanya surat perizinan untuk pengerahan massa tersebut. Kendati demikian, ia mengimbau agar massa aksi yang mengawal Amien, tetap menjaga perilaku dan tidak merusak, atau melanggar aturan yang ada.

“Yang terpenting bahwa kita lakukan pengamanan, dan kita berharap untuk tidak melakukan hal yang tidak diinginkan, seperti merusak fasilitas umum dan membawa sajam (senjata tajam),” tuturnya.