Beda versi dengan polisi, ini kronologi penembakan laskar HRS

FPI mengaku telah diadang oleh orang tak dikenal.

Seorang pengunjuk rasa membawa spanduk bergambar wajah Imam Besar FPI, Rizieq Shihab. Foto Antara.

Front Pembela Islam (FPI) membenarkan ada penembakan terhadap pengikut pentolan Habib Rizieq Shihab di dekat pintu Tol Karawang Timur. Namun, ormas yang menamai dirinya laskar pembela Islam itu mengaku telah diadang oleh orang tak dikenal (OTK) saat tengah mengawal imam besarnya.

Pernyataan ini dilontarkan melalui keterangan tertulis yang ditandatangani Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis dan Sekretaris Umum FPI Munarman yang diterbitkan pada Senin (7/12).

"Bahwa benar ada peristiwa pengadangan, penembakan terhadap rombongan IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab) dan keluarga serta penculikan terhadap enam orang laskar pengawal IB," tulis keterangan tersebut, yang diterima Alinea.id.

Peristiwa penembakan itu bermula ketika Habib Rizieq beserta keluarga akan bertolak ke pengajian subuh di internal keluarga inti. Namun, tak disebutkan lokasi pengajian tersebut.

"Dalam perjalanan menuju lokasi pengajian subuh keluarga tersebut, rombongan diadang oleh preman OTK (orang tak dikenal), yang kami duga kuat bagian dari operasi penguntitan dan untuk mencelakakan IB," tulis pernyataan itu.