Bela negara, Menhan Prabowo instruksikan jajarannya tidak mudik

Instruksi tersebut guna mencegah meningkatnya penularan coronavirus di Indonesia.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020). Foto Antara/Sigid Kurniawan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menginstruksikan seluruh jajarannya untuk tidak melakukan mudik pada libur Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah atau tahun ini. Hal ini dilakukan untuk sebagai upaya menekan penularan coronavirus di Indonesia.

Menurut juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, tidak mudik di tengah pandemi Covid-19 saat ini merupakan bentuk lain dalam bela negara.

"Cara membela negara saat ini salah satunya adalah dengan tidak mudik dan tetap menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan tetangga terdekat saat ini. Mari terus bergotong royong agar wabah Covid-19 ini bisa segera bisa kita tanggulangi segera," ucap Dahnil dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (27/3).

Karena itu, dia mengatakan, Prabowo juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk melakukan hal serupa. Adapun kepada para pegawai di Kemhan, Prabowo meminta mereka untuk aktif mengajak sanak saudara, tetangga, dan orang-orang terdekat, untuk melakukan hal yang sama pada lebaran tahun ini. Hal tersebut dianggap penting demi memastikan penyebaran Covid-19 tidak semakin masif.

"Tidak mudik adalah salah satu langkah kemanusiaan dan menjaga sesama yang baik saat ini," kata Dahnil.