Berikut lokasi sidang isbat dan pengamatan hilal Ramadan 2019

Kementerian Agama menggelar sidang isbat atau penentuan awal puasa Ramadan 1440 Hijriyah pada Minggu (5/5).

Kementerian Agama menggelar sidang isbat atau penentuan awal puasa Ramadan 1440 Hijriyah pada Minggu (5/5). / Antara Foto

Kementerian Agama menggelar sidang isbat atau penentuan awal puasa Ramadan 1440 Hijriyah pada Minggu (5/5). 

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mengatakan sidang isbat akan digelar di Auditorium H.M. Rasjidi, Kementerian Agama, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Sya'ban 1440 H," ujarnya dikutip Alinea.id dari laman resmi Kementerian Agama, Minggu (5/5).

Menurutnya, sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," ujarnya.