Bertemu Jokowi, Habibie ingatkan persatuan dan kesatuan bangsa

Menurut Habibie, persatuan dan kesatuan bangsa tidak bisa lagi ditawar.

Presiden Joko Widodo (kanan) mengantar Presiden ketiga RI BJ Habibie (kiri) usai melakukan pertemuan tertutup di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5)./ Antara Foto

Mantan Presiden RI BJ Habibie menyatakan semua pihak harus menjaga dan mempertahankan bangsa. Menurutnya, semua pihak di Indonesia menyapakati persatuan dan kesatuan bangsa sebagai suatu hal yang tak bisa lagi ditawar.

"Kita sepakat bahwa mengenai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan stabilitas dan proses pemerataan dan masa depan bangsa Indonesia, tidak ada tawar menawar. Itu harga mati,” kata Habibie usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (24/5).

Menurutnya, siapapun yang memimpin Indonesia ke depan harus memegang teguh persatuan dan kesatuan bangsa. Ia tidak hanya menjadi pemimpin bagi para pemilihnya, tapi juga harus memimpin seluruh bangsa Indonesia. 

Dia juga mengingatkan agar semua pihak tidak memberi kesempatan pada siapa pun untuk melakukan tindakan yang dapat memecah persatuan bangsa.

Pada Pemilu 2019 lalu, masyarakat Indonesia mengalami dikotomi atas pilihan politiknya. Masyarakat terbelah dalam kubu pendukung calon presiden dan wakil presiden jagoannya.