BMKG ingatkan potensi cuaca ekstrem saat periode libur Nataru

Ada potensi peningkatan curah hujan dan gelombang tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Ilustrasi. Pixabay

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan adanya potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia dalam satu minggu ke depan, khususnya selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, terdapat beberapa wilayah dengan potensi siaga yang perlu diwaspadai pada 21-23 Desember 2022. Berdasarkan platform informasi Prakiraan Berbasis Dampak BMKG, sejumlah wilayah tersebut meliputi sebagian wilayah di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Selain itu, potensi siaga juga harus diwaspadai di sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Papua.

"Khusus untuk tanggal 24 Desember 2022, potensi siaga dari prakiraan berbasis dampak perlu diwaspadai di sebagian wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan," kata Dwikorita dikutip dari keterangan resmi, Rabu (21/12).

Lebih lanjut, imbuh Dwikorita, beberapa wilayah juga mesti waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas signifikan pada periode 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023. Hujan lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur,  Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.