BMKG: Waspada potensi cuaca ekstrem pada 10-16 Februari 2021

Puncak musim hujan terjadi Januari-Februari 2021 di sebagian Sumatra bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk Jakarta.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan mengenai potensi cuaca ekstrem pada 10-16 Februari 2021. Sebab, sebagian besar wilayah Indonesia 96% dari 342 Zona Musim saat ini telah memasuki musim hujan.

Hal ini juga telah diprediksi sejak Agustus 2020 lalu, bahwa terkait dengan puncak musim hujan akan terjadi pada Januari-Februari 2021 di sebagian Sumatra bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta.

Kemudian, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

"erdasarkan kondisi tersebut, maka kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem harus terus ditingkatkan," kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/2).

Analisis BMKG menunjukkan, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.