BNPB: 15 rumah warga rusak akibat gempa M7,5 di Maluku

Bangunan yang rusak tersebut mencakup pemukiman warga dan juga fasilitas umum.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sejumlah bangunan mengalami kerusakan akibat gempa M7,5 yang mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Foto BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sejumlah bangunan mengalami kerusakan akibat gempa M7,5 yang mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (10/1) pukul 02.47 WIT atau 00.47 WIB.

Plt. Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BNPB, Abdul Muhari menuturkan, bangunan yang rusak tersebut mencakup pemukiman warga dan juga fasilitas umum.

"Data sementara hingga hari ini (10/1), pukul 08.13 WIB, sebanyak 15 rumah warga Kepulauan Tanimbar mengalami kerusakan, dengan rincian satu rumah rusak berat, tiga rusak sedang dan sisanya masih dilakukan penilaian tingkat kerusakan," kata Abdul dalam keterangan tertulis, Selasa (10/1).

Selain rumah warga, sejumlah fasilitas pendidikan juga mengalami kerusakan, yakni SMP Kristen Saumlaki dan SMA Negeri 1 Saumlaki, Tanimbar Selatan. Sementara itu, BPBD setempat menyebutkan terdapat satu orang warga mengalami luka-luka akibat gempa.

Abdul menyampaikan, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang terdampak gempa.