BNPB: 206 kejadian kebakaran hutan telah terjadi di Tanah Air

Provinsi Jambi termasuk dalam salah satu dari enam provinsi di Indonesia yang menjadi prioritas penanganan bencana kebakaran hutan lahan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto (kemeja hijau dengan rompi) saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi Tahun 2023, di Kantor Dinas Gubernur Jambi, pada Selasa (18/7/2023). Foto BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, sebanyak 206 kejadian kebakaran hutan telah terjadi di Tanah Air, hingga Senin (17/7). Kejadian karhutla tersebut tersebar di 19 provinsi, salah satunya di Provinsi Jambi. 

Provinsi Jambi termasuk dalam salah satu dari enam provinsi di Indonesia yang menjadi prioritas penanganan bencana kebakaran hutan lahan. Diketahui jumlah titik hotspot di wilayah Provinsi Jambi dalam satu bulan terakhir (17 Juni hingga 17 Juli) sebanyak 490 titik. 

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, mengatakan, menurut prediksi BMKG, fenomena El Nino yang akan berlangsung tahun ini, relatif lebih kecil dibandingkan dengan periode sebelumnya. 

"Menurut BMKG fenomena El Nino tahun ini tidak seperti pada 2015 dan 2019. Namun bukan berarti kita bisa menyepelekan hal tersebut, kewaspadaan harus tetap ditingkatkan," tegasnya, dalam keterangan resminya, Rabu (19/7). 

Suharyanto kembali mengingatkan arahan Presiden RI untuk mengutamakan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan. Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas yang dilaksanakan pada Selasa (18/7) pagi di Istana Merdeka meminta untuk dipastikan ketersediaan air selama periode El Nino, baik untuk penanganan karhutla dan kekeringan maupun kebutuhan masyarakat.