BNPB bantah letusan Gunung Semeru picu tsunami sampai ke Jepang

Aktivitas vulkanik memilki probabilitas yang kecil supaya menjadi tsunami.

Penampakan saat Gunung Semeru erupsi atau mengeluarkan awan panas guguran di Kabupaten Lumajang, Jatim, pada Minggu (4/12/2022). Dokumentasi BPBD Lumajang

Badan Penanggunalangan Bencana Nasional (BNPB) membantah isu soal letusan Gunung Semeru bisa menyebabkan bencana alam tsunami. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, ada sejumlah alasan bahwa berita soal isu tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Apalagi dengan menyebut, tsunami yang dimaksud menjalar hingga ke Jepang.

“Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut sehingga potensi letusan atau pyroclastic atau partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami,” kata Abdul dalam keterangan, Senin (5/12).

Selain itu, Gunung Semeru berada di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Apabila terjadi longsor di pantai selatan dari Pulau Jawa, maka berdampak pada aktivitas vulkanik.

Aktivitas vulkanik memilki probabilitas yang kecil supaya menjadi tsunami. Apalagi tsunaminya bisa menjangkau negara Jepang, karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia.