Kepala BNPB pastikan dukungan pada korban berjalan baik

Kepala BNPB diperintahkan Presiden Jokowi agar merespons cepat gempa Banten.

Sejumlah warga dari persisir pantai mengungsi setelah terjadi gempa bumi di Kampung Mancak, Serang, Banten, Jumat (2/8)./ Antara Foto


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau langsung lokasi yang terdampak gempa di Pandeglang, Banten. Kunjungan dilakukan untuk memastikan masyarakat terdampak merasakan dukungan dari pemerintah.

"Kedatangan pak Doni ingin memastikan bahwa semua dukungan untuk masyarakat yang terdampak langsung atau tidak, semua berjalan dengan baik," kata Staf Khusus BNPB Egy Massadiah, Sabtu (3/8).

Dia mengatakan, kunjungan Doni ke Pandeglang dilakukan dengan keputusan mendadak. Sebelumnya, Doni dijadwalkan bertolak ke Palangkaraya dan Pontianak, untuk meninjau kegiatan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Namun beliau menundanya dan memutuskan untuk berada di Banten terkait dengan gempa yang terjadi semalam," ucap Egy.

Keputusan Doni juga dilandasi perintah Presiden Jokowi yang menginginkan bencana yang terjadi pada Jumat (2/8) sekitar pukul 19.03 WIB, ditindaklanjuti dengan cepat. Selain BNPB, Presiden juga memerintahkan TNI, Polri, dan Menteri sosial untuk bertindak cepat.