BNPB: Empat korban gempa Cianjur berhasil dievakuasi, 1 korban selamat

BNPB memerintahkan agar seluruh korban dapat segera ditemukan dan dievakuasi dalam kondisi selamat maupun meninggal dunia.

Salah satu arat berat yang digunakan untuk membuka jalan yang tertimbun longsor pascagempa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Foto BNPB

Upaya pencarian dan evakuasi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih terus dilakukan. Pada hari ini (Rabu, 23/11) sebanyak enam ribu personel dari tim gabungan melakukan pencarian dan evakuasi korban.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengungkapkan, pihaknya bersama tim SAR, BPBD,TNI-Polri, serta seluruh relawan yang melakukan proses pencarian dan evakuasi hari ini telah menemukan empat korban di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

"Tiga (korban) meninggal dunia, ini di Cugenang. Dan ada satu orang selamat atas nama Azka, laki-laki umur 6 tahun, ditemukan di sebelah neneknya yang sudah meninggal dunia," kata Suharyanto dalam keterangan pers, Rabu (23/11).

Berdasarkan catatan BNPB hingga Rabu (23/11) sore, korban meninggal dunia menjadi 271 orang dan korban luka-luka 2.043 orang. Adapun masih ada 40 orang dilaporkan hilang, yakni 39 orang di Kecamatan Cugenang dan satu orang di Kecamatan Warungkondang.

"Kami mohon dukungan dan doanya, mudah-mudahan 40 orang (hilang) bisa segera ditemukan," ujar dia.