BNPB siapkan ratusan miliar pulihkan kondisi Maluku pascagempa

Selain melakukan pembangunan fisik, BNPB juga menyiapkan program pemberdayaan agar kondisi masyarakat dapat kembali seperti semula.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, meninjau proses belajar mengajar di SDN 1 Desa Oma yang berada di pengungsian di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (9/10)./ Antara Foto

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyiapkan dana ratusan miliar untuk menstimulasi sejumlah kabupaten dan kota di Maluku, yang diguncang gempa magnitudo 6,5 pada 26 September 2019 lalu. BNPB berencana melakukan pembangunan hunian tetap bagi warga yang rumahnya rusak berat akibat bencana tersebut.

"Dana stimulan Rp34 miliar untuk Kota Ambon, Rp211 miliar untuk Kabupaten Maluku Tengah, dan Rp 34 miliar untuk Kabupaten Seram Bagian Barat," kata Kepala Sub Direktorat Peringatan Dini BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Kamis (31/10).

Sebagai bantuan langsung kepada masyarakat, BNPB akan melakukan pembangunan hunian tetap yang akan dilakukan di akhir November atau awal Desember 2019 mendatang. 

Selama menunggu masa penyelesaian pembangunan, BNPB telah menyiapkan dana tunggu hunian (DHT) bagi para pengungsi. Rinciannya terdiri dari Rp918 juta untuk Ambon, Maluku Tengah Rp6,3 miliar, dan Seram Bagian Barat Rp900 juta. 

BNPB juga akan melakukan perbaikan terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan sedang atau ringan. Perbaikan akan mulai dilakukan pada November 2019 mendatang.