Bodebek kembali minta Kemenhub setop KRL

Lima kepala daerah di Bodebek sepakat perpanjang PSBB

Sejumlah penumpang berdesakan di dalam KRL Commuter Line dari arah Bogor ke Jakarta Kota, di Stasiun Depok Baru Depok, Jawa Barat, Senin (23/3)/Foto Antara/Asprilla Dwi Adha.

Lima kepala daerah, yakni Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) akan kembali mengusulkan pemberhentian sementara kereta rel listrik (KRL). Pasalnya, KRL menjadi salah satu penyebab maraknya penularan Covid-19. 

"Kami lima kepala daerah akan tetap mengusulkan kepada Kemenhub untuk menghentikan sementara KRL selama PSBB," kata Bupati Bogor, Ade Yasin usai rapat bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan perwakilan Bupati Bekasi di Pendopo Bupati Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/4) petang.

Pihaknya menyayangkan tidak adanya perubahan operasional KRL Jabodetabek saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan sebelum diterapkan PSBB.

"Paling tidak membatasi, menutup stasiun tertentu dan menyeleksi orang-orang yang akan bepergian menggunakan KRL," ujar Ade Yasin yang juga merupakan Ketua Gugus Penanganan Coivid-19 Kabupaten Bogor itu.

Dalam rapat bersama tersebut, mereka sepakat untuk memperpanjang masa penerapan PSBB selama 14 hari ke depan terhitung sejak habisnya pemberlakuan tahap satu, yaitu 28 April 2020.