Bukti vaksin ampuh: 90% nakes di Kudus sembuh dari Covid-19

Ini menunjukkan bahwa vaksinasi bagi nakes efektif mengurangi gejala kesakitan dan risiko kematian.

Tenaga medis menggunakan APD saat hendak menangani pasien Covid-19. Foto Antara/Irwansyah Putra

Kondisi tenaga kesehatan (nakes) di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), yang sempat terpapar Covid-19 akibat menangani pasien di fasilitas pelayanan kesehatan kini berangsur pulih.

Hingga 12 Juni 2021, 308 nakes terkonfirmasi positif coronavirus, 277 tenaga kesehatan dalam perawatan isolasi mandiri, dan 193 lainnya sudah dinyatakan sembuh.

"Namun, Kamis (17/6), 90% nakes yang isolasi mandiri sudah bisa mulai masuk kerja dan kembali melayani masyarakat. Ini sebuah berita yang menggembirakan. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa vaksin yang diberikan kepada mereka benar-benar efektif melindungi dari kondisi terburuk," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo dikutip dari situs kemenkes.go.id, Jumat (18/6).

Jumlah nakes di Kudus sendiri saat ini mencapai kurang lebih 6.000 orang. Dengan perlindungan yang diberikan melalui program vaksinasi bagi nakes yang dimulai periode Januari-Maret 2021 lalu, nakes di Kudus tidak terlalu banyak terpapar Covid-19.

"Hampir 100% nakes di Kudus yang berjumlah sekitar 6.000 orang telah menerima vaksinasi dosis satu dan dua. Dari jumlah tersebut, hanya 308 nakes yang terpapar atau sekitar 5,13% dari jumlah keseluruhan nakes dan sebagian besar di antaranya sudah sembuh dan mulai bekerja kembali," bebernya.