Buntut mahasiswa Papua diusir, warga Manokwari protes turun ke jalan

Masyarakat Papua merasa kecewa atas pengusiran yang menimpa mahasiswa Papua di Surabaya.

Sejumlah anggota Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim menyisir Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan 10, Surabaya, Jawa Timur. Antara Foto

Sejumlah warga Papua protes hingga turun ke sejumlah jalan di Kota Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat. Mereka protes atas aksi pengusiran terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur pada Jumat, (16/8).

Demikian dikatakan Simon, warga jalan Sanggeng Manokwari. Menurutnya, aksi massa tersebut merupakan bentuk kekecewaan dan balasan masyarakat Papua terhadap insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya tersebut. 

“Aksi damai agar pemerintah secepatnya menyelesaikan permasalahan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang agar mereka dapat kuliah lagi dengan baik,” kata Simon di Manokwari, Papua Barat, pada Senin, (19/8).

Simon mengatakan, karena aksi masyarakat tersebut, lalu lintas kendaraan di sejumlah jalan hingga pukul 08.00 WIT tersendat. Pasalnya, massa memblokade jalan mulai dari Pelabuhan Manokwari hingga Jalan Trikora Sowi.

Selain itu, sejumlah ruas jalan di Manokwari, terutama di jalan Yos Sudarso yang merupakan jalan utama kota Manokwari juga diblokade massa. Akibatnya, aktivitas masyarakat maupun arus lalu lintas di kota tersebut lumpuh.