Bupati Klaten serahkan bantuan atensi Kemensos kepada kelompok rentan

Nilai total bantuan kepada 100 penerima mencapai lebih dari Rp225 juta.

Bupati Klaten, Sri Mulyani (kanan), menyaksikan proses penyerahan bantuan atensi Kemensos kepada kelompok rentan HIV/AIDS di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Klaten, Jateng, pada Senin (7/11/2022). Dokumentasi Pemkab Klaten

Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta menyerahkan bantuan asistensi rehabilitasi sosial (atensi) Kementerian Sosial (Kemensos) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), pada Senin (7/11).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Klaten, Sri Mulyani; Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya; Kemensos; asisten bupati; kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Klaten; dan tamu undangan lain.

Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan, HIV/AIDS menjadi masalah serius bagi dunia, tak terkecuali Kabupaten Klaten. Hingga September 2022, terdapat 1.271 kasus HIV/AIDS di Klaten.

Sebanyak 67% penderita HIV/AIDS adalah laki-laki dan sisanya perempuan. Usia 25-49 tahun termasuk kelompok umur rentan HIV/AIDS dengan 816 kasus.

"HIV/AIDS ini menjadi masalah serius, ya. Di Klaten sendiri sampai bulan September 2022 ada 1.271 kasus, yang didominasi oleh laki-laki sebanyak 67%. Usia rentannya ada di usia 25-49 tahun sebanyak 816 kasus dan ODHA (orang dengan HIV/AIDS) on ART (antiretroviral) 31%," tuturnya.