Bus karyawan ditembak, Freeport sempat tutup jalan tambang

Tidak ada korban jiwa dalam penembakan terhadap rombongan bus karyawan PT Freeport Indonesia tersebut.

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Paulus Waterpauw.Alinea.id/Ayu Mumpuni

PT Freeport Indonesia menutup sementara akses jalan tambang Mile 40-66 di Timika, Papua. Hal itu dilakukan untuk kebutuhan investigasi aparat keamanan pascapenembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap rombongan bus karyawan PT Freeport Indonesia pada Senin (13/1) sekitar pukul 08.36 WIT.

VP Corporate Communications PT Freeport Indonesia Riza Pratama menerangkan penembakan terjadi di area Mile 54 jalan tambang PT Freeport Indonesia.

"Penembakan terhadap konvoi bus yang mengangkut karyawan di area Mile 54 jalan tambang PTFI," kata Riza saat dihubungi Alinea.id di Jakarta, Senin (13/1).

Ketika berada di Mile 53, rombongan bus ditembaki dari arah bawah tower. Dua bus rombongan terkena tiga tembakan di bagian kaca sebelah kiri, yaitu bus dengan nomor 140487 dan 140419. Bus tersebut sedang bergerak dari Kota Tembagapura Mile 68 menuju Terminal Gorong-gorong, Kota Timika, Mimika, Papua.

PT Freeport Indonesia memastikan tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Tidak lama setelah penembakan, pihak keamanan melakukan penyisiran di lokasi terjadinya penembakan.