Busana adat pilihan Jokowi saat HUT RI

Busana adat kembali dipilih Presiden Joko Widodo saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-73 RI di Istana Merdeka.

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) menyapa tamu saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8)/ Antara Foto

Busana adat kembali dipilih Presiden Joko Widodo saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-73 RI di Istana Merdeka. Tahun ini, ia memilih busana adat asal Aceh.

Busana yang dikenakan berupa beskap hitam dan celana hitam dengan selendang merah kecil yang diselempangkan di bahu kanan, sarung merah yang dipakai di bawah beskap dan tidak lupa tutup kepala berwarna kuning merah serta tanda jasa di dada kanan. Tahun lalu, Presiden mengenakan pakaian adat dari Tanah Tumbu, Kalimantan Selatan.

Tutup kepala atau topi meukeutop yang dikenakan Jokowi merupakan simbol kebanggaan bagi pria Aceh. Umumnya, tutup kepala semacam ini dikenakan pada upacara pernikahan tradisional Aceh.

"Ini pakai baju Aceh, negara kita kan tradisinya banyak sekali, pakaian adat ada ratusan, bahkan mungkin ribuan. Jadi banyak pilihan dan yang kami pilih ini," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (17/8), dilansir Antara.

Jokowi mengaku menjahit sendiri pakaian adat yang dikenakannya itu. Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, tampak mengenakan baju adat dari Makassar.